Pabrik Bunyi

Personal music. Critical essays.

Proyek Musik

CD Cover

Pada November 2006, Kelik M. Nugroho menerbitkan album musik berjudul Hyperpositive dengan nama grup Pabrik Bunyi. Album ini dipasarkan melalui portal musik http://www.importmusik.com (karya musik tersebut bisa diunduh melalui situs tersebut. Silakan klik link yang tersedia di menu links: Independent Music Portal).

Pengantar karya

Bermusik memberikan pengalaman kepada saya tentang misteri dengan yang ilahiah. Ada melodi yang muncul ibarat sebatang es yang tiba-tiba pecah dan terhambur indah. Ada melodi yang muncul seperti sodokan bola bilyar yang menggerakkan bola lain ke arah yang berbeda. Juga ada yang muncul di ruang gelap yang tiba-tiba terlihat karena ada kilatan cahaya. Begitulah kurang lebih hikmah di belakang pembuatan album ini.

Dan Pabrik Bunyi? Ah ini hanya sekadar nama untuk menggantikan nama grup permanen atau nama pribadi. Nama Pabrik Bunyi dipilih, karena jenis karya musiknya bakalan beragam, dari semi klasik, instrumentalia, new age, jazz, pop dan dangdut. Seperti pabrik, ia (jika Tuhan mengizinkan) akan memproduksi jenis musik apa saja. Namun walau pun memakai nama pabrik, sentuhan artistik dan orisinalitasnya diusahakan dijaga.

Sementara ide judul Hyperpositive muncul, berangkat dari keprihatinan atas kondisi sosial ekonomi di Indonesia yang mengalami krisis multi dimensi sejak 1997. Kondisi chaotik itu mengakibatkan adanya lingkaran kekerasan yang tak berujung. Untuk memutus mata rantai kekerasan itu dibutuhkan upaya positif yang berlebih (hyperpositive). Itulah kurang lebih pesan yang ingin disampaikan melalui album ini.

Kelik M. Nugroho
Penggagas Pabrik Bunyi

Tim kreatif
Kelik M. Nugroho (komposer)
Kendar Bhakti Nusantara (penata musik, peramu, perekam)
Seno (penata musik).

Daftar karya *)

1.Kendang Jogja Rasa Manila
2.Agony
3.Hyperpositive
4.Distorsi Sitar Jawa
5.Vila Anggrek
6.ICB

*) Seluruh karya ini digagas oleh Kelik M. Nugroho, kecuali lagu Distorsi Sitar Jawa yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kendar Bhakti Nusantara

Hak cipta dilindungi oleh Undang-undang. Dilarang merekam ulang semua isi album ini.

Biodata
– Kelik M. Nugroho adalah jurnalis dan penulis. Lahir di Jogja, lulusan IAIN Jogja ini sekarang melanjutkan studi S-2 di Islamic College for Advanced Studies Jakarta. Sebagai jurnalis, dia sering menulis di bidang seni dan agama di majalah Tempo, D&R, dan Koran Tempo. Sebagai penulis, dia telah menerbitkan tiga buku antara lain Pemimpi Perubahan: PR untuk Presiden RI (Penerbit Kotakita Press, 2004).

– Kendar Bhakti Nusantara adalah alumnus Institut Seni Indonesia Yogyakarta

– Seno adalah lulusan Sekolah Menengah Seni Yogyakarta

Proses kreatif
Album ini berisi 6 lagu dengan durasi total 30 menit 48 detik.
Jenis musik yang tersaji instrumentalia kontemporer, new age, semi klasik, jazz, dan pop. Berikut enam lagu tersebut dengan keterangan masing-masing:

1.Kendang Jogja Rasa Manila (6:32)
Jenis musik karya ini bisa disebut new age, karena menghadirkan suasana meditatif dengan menggunakan repetisi nada dan unsur musik etnik Jawa dan Arab. Pada 1980-an, karya ini bermula dari permainan sitar Jawa untuk ilustrasi pembacaan puisi. Pada 1996, beat-beat kendang Jawa dari karya ini dimainkan dengan keyboard synthesizer Yamaha W-5 yang dibeli di Manila. Dari situ, Kendar Bhakti Nusantara, mengaransirnya dengan peranti lunak CakeWalk. Pada versi digital ini, beat yang muncul dekat dengan beat reggae.

2.Agony (4:29)
Jenis musik karya ini bisa disebut instrumentalia kontemporer, karena mengandung unsur musik klasik dan eksperimental. Awalnya, karya ini adalah lagu balada yang bersyair tentang kepedihan hati. Karya yang bernuansa mello ini di tangan penata musik Seno berubah menjadi karya ekperimental.

3.Hyperpositive (5:47)
Jenis musik karya ini semi klasik. Ketika pertama kali dimainkan dengan keyboard synthesizer Yamaha W-5, karya ini terdengar pedih tapi gagah. Namun setelah diaransemen oleh Kendar Bhakti Nusantara, terdengar semi klasik.

4.Distorsi Sitar Jawa (4:47)
Jenis musik karya ini jazz. Karya ini bermula dari permainan sitar Jawa untuk ilustrasi pembacaan puisi. Di tangan penata musik Kendar Bhakti Nusantara, dengan peranti digital CakeWalk, dentingan sitar Jawa itu menjadi jazz yang renyah dan masih menyisakan sedikit unsur Jawa.

5.Vila Anggrek (4:06)
Jenis musik karya ini pop. Melodi dasar karya ini sebetulnya sangat sederhana, namun kemudian diaransir oleh saudara Kendar dengan variasi yang lebih kaya. Sekadar pengetahuan, Vila Anggrek adalah nama sebuah perumahan di Bekasi, tempat karya ini dituangkan di atas keyboard.

6.ICB (4:47)
Jenis karya musik ini pop semi klasik. Sekadar pengetahuan, ICB kependekan dari Islamic Center Bekasi, tempat karya ini dituangkan di atas keyboard.

Alamat kontak:
– Email: pabrikbunyi@yahoo.co.id

April 22, 2007 - Posted by | Music

4 Komentar »

  1. Kapan kami bisa nonton pertunjukan live-nya?

    Jawaban Pabrik Bunyi:
    Pabrik Bunyi masih berkonsentrasi untuk berkarya melalui portal musik http://www.importmusik.com dalam satu atau dua tahun ini. Kecuali ada rezeki di tengah proses tersebut, maka pertunjukan di panggung bisa dilakukan.

    Komentar oleh jacks | April 27, 2007 | Balas

  2. bisa ga pak, nitip jualin musik saya , saya ada beberapa komposisi, now aq di bali, insyaAllah tgl 2 di jakarta, sering di jkarta sih,thanks…. ditunggu balasan, / di wukirwordpress.com ada sedikit foto, but saya kesulitan untun aploud musik saya ….. nuwun.

    Komentar oleh wukir | April 17, 2008 | Balas

  3. sori… jg di bunyi-bunyi.blogspot.com

    Komentar oleh wukir | April 17, 2008 | Balas

  4. downloadnya mana?

    http://nickossite.blogspot.com

    Komentar oleh niko | Agustus 9, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: